TeknoTips dan Trik

Mudah Banget! Begini Cara Pasang Sitemap di Google Search Console untuk Meningkatkan Traffic Website Kamu

16
×

Mudah Banget! Begini Cara Pasang Sitemap di Google Search Console untuk Meningkatkan Traffic Website Kamu

Share this article

Aptoodet.com – Halo teman-teman! Apakah kalian tahu bahwa memasang sitemap di Google Search Console bisa sangat membantu dalam meningkatkan kinerja website kalian di mesin pencari Google? Yup, Google search console adalah tools dari Google yang membuat pemilik website dapat memantau dan mengoptimalkan kinerja websitenya di mesin pencari Google.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara memasang sitemap di Google Search Console dengan cara yang mudah. Yuk, simak artikelnya!

Sebelumnya, apa itu sitemap? Sitemap adalah daftar postingan dan halaman yang ada di dalam website kalian. Biasanya, sitemap dibuat dalam format XML dan bertujuan untuk mempermudah mesin pencari dalam mengindeks konten di dalam website kalian. 

Dengan adanya sitemap, Google akan lebih mudah mengetahui halaman apa saja yang ada di website kalian dan membantu meningkatkan keterlihatan website kalian di hasil pencarian.

Baiklah, sekarang kita akan masuk ke langkah-langkah cara memasang sitemap di Google Search Console:

1. Pastikan kalian sudah memiliki akun Google Search Console dan sudah terverifikasi untuk website kalian.

2. Buka google search console login pada browser untuk masuk ke dashboard dan pilih properti website yang ingin kalian tambahkan sitemap-nya. 

3. Klik pada menu “Sitemap” yang berada di sebelah kiri layar.

4. Kemudian, klik pada tombol “Tambahkan peta situs baru” yang berada di bagian atas laman sitemap.

5. Tambahkan kode sitemap seperti berikut : 

https://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml

sitemap di atas adalah kode pengindexan untuk postingan, kalian perlu menambahkan kode pengindexan untuk page atau halaman blog kalian dengan kode di bawah ini :

https://blogkamu.blogspot.com/sitemap-pages.xml

Ganti url yang berwarna merah dengan url blog kalian, dan klik kirim, 

6. Setelah selesai tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan sukses dari google search console dan pemberitahuan jumlah postingan dan halaman kalian.

Nah, itu dia langkah-langkah mudah untuk memasang sitemap di Google Search Console. Jangan lupa untuk melakukan pengoptimalan SEO di website kalian agar dapat meningkatkan keterlihatan website kalian di mesin pencari. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *