TeknoTips dan Trik

Cara Mudah Menggunakan Google Search Console untuk WordPress

19
×

Cara Mudah Menggunakan Google Search Console untuk WordPress

Share this article

Aptoodet.com – Hai teman-teman! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang Google Search Console WordPress. Yup, Google Search Console adalah alat yang sangat bermanfaat untuk memantau performa website kita di mesin pencari Google, dan WordPress adalah salah satu platform yang sangat populer untuk membuat website dan blog. 

Jadi, yuk kita bahas bagaimana kita dapat mengintegrasikan Google Search Console dengan WordPress.

1. Mendaftarkan Website

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan website kamu ke Google Search Console. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengakses Google Search Console dan membuat akun Google jika kamu belum memiliki satu. Setelah itu, kamu bisa mengklik tombol “Tambahkan Properti” dan memasukkan URL website kamu.

2. Memverifikasi Website

Setelah kamu mendaftarkan website kamu, kamu harus memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik website tersebut. Ada beberapa cara untuk memverifikasi website kamu, salah satunya adalah dengan menggunakan metode verifikasi DNS. Caranya adalah dengan menambahkan catatan DNS yang disediakan oleh Google ke layanan DNS yang digunakan oleh domain website kamu.

3. Menggunakan Plugin

Untuk mengintegrasikan Google Search Console dengan WordPress, kamu bisa menggunakan plugin. Salah satu plugin yang bisa kamu gunakan adalah “Google Site Kit”. Plugin ini memungkinkan kamu untuk mengakses informasi dari Google Search Console langsung dari dashboard WordPress kamu.

Setelah kamu menginstal plugin, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk mengintegrasikannya dengan Google Search Console. Pertama-tama, kamu harus menghubungkan plugin dengan akun Google kamu dan memberikan izin untuk mengakses data dari Google Search Console. Setelah itu, kamu harus memilih website yang ingin kamu sambungkan dengan plugin.

4. Memantau Performa

Setelah kamu berhasil mengintegrasikan Google Search Console dengan WordPress, kamu dapat memantau performa website kamu langsung dari dashboard WordPress. Plugin “Google Site Kit” akan menampilkan informasi tentang jumlah klik, tampilan, posisi, dan CTR yang dihasilkan oleh website kamu di mesin pencari Google.

Selain itu, plugin ini juga memberikan informasi tentang kata kunci yang paling banyak digunakan oleh pengunjung untuk menemukan website kamu. Dengan informasi ini, kamu dapat mengoptimalkan website kamu agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari Google.

Nah, itulah beberapa tips tentang bagaimana kita dapat mengintegrasikan Google Search Console dengan WordPress. Dengan memanfaatkan Google Search Console, kamu dapat memantau performa website kamu dan mengoptimalkan website kamu agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari Google. Jangan lupa untuk selalu memperbarui informasi di Google Search Console agar kamu dapat mengikuti tren dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan performa website kamu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *