Wawasan

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Dunia I

21
×

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Dunia I

Share this article

Aptoodet.com – Perang Dunia 1 adalah perang global yang terjadi antara tahun 1914 dan 1918. Perang ini dimulai setelah kematian pewaris Austria-Hungaria, Archduke Franz Ferdinand, yang ditembak oleh anggota grup pembebasan Serbia. Setelah insiden ini, negara-negara Eropa terlibat dalam aliansi dan perjanjian yang memicu perang.

Perang melibatkan beberapa negara besar seperti Inggris, Perancis, Jerman, dan Rusia, serta beberapa negara lain di seluruh dunia. Beberapa pertempuran penting termasuk Bataille de la Marne, Bataille de Verdun, dan Bataille de Gallipoli. Pada tahun 1917, Amerika Serikat memasuki perang sebagai bagian dari aliansi dengan Inggris dan Perancis.

Perang berakhir pada tahun 1918 setelah Jerman menandatangani Armistice of Compiegne pada 11 November 1918. Namun, perjanjian akhir perang, Versailles Treaty, baru ditandatangani pada tahun 1919. Perjanjian ini memperkuat peran Amerika Serikat sebagai kekuatan dunia baru dan mengakibatkan kehancuran wilayah Jerman dan Austria-Hungaria.

Perang memakan jutaan nyawa dan mengubah dunia secara permanen. Dampak dari Perang Dunia 1 termasuk pembentukan Liga Bangsa-Bangsa, yang bertujuan untuk menjaga perdamaian dunia, serta revolusi politik dan sosial di berbagai negara, termasuk Rusia. Perang juga memicu Perang Dunia 2 yang terjadi sekitar 20 tahun kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *