Wawasan

Inilah Sejarah Awal Mula Pembagunan Monumen Nasional Jakarta

135
×

Inilah Sejarah Awal Mula Pembagunan Monumen Nasional Jakarta

Share this article

Aptoodet.com – Monumen Nasional (Monas) adalah sebuah menara monumen yang berdiri di tengah Taman Monas di Jakarta, Indonesia. Monas dibangun untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pembangunan Monas dimulai pada tahun 1961 dan diresmikan pada tahun 1975 oleh Presiden Soeharto. Struktur ini dibangun oleh arsitek Frederich Silaban dan berdiri sekitar 132 meter tinggi. Monas memiliki sebuah museum sejarah di dalamnya yang menampilkan sejarah kemerdekaan Indonesia dan perjuangan rakyat untuk memperoleh kemerdekaan.

Menara Monas terdiri dari sebuah batu dasar yang berbentuk segitiga dan sebuah menara yang memiliki bentuk seperti lingga dan yoni, simbol yang sangat penting dalam kebudayaan Hindu. Menara ini ditutupi dengan sebuah bola emas yang beratnya sekitar 3 ton, yang mewakili kesatuan dan persatuan rakyat Indonesia.

Monas menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Jakarta dan menjadi simbol kuat bagi kemerdekaan Indonesia. Setiap tahun, banyak turis dan warga lokal datang untuk melihat menara ini dan mengunjungi museum sejarah yang ada di dalamnya.

Kesimpulannya, Monas adalah bagian penting dari sejarah dan budaya Indonesia, dan menjadi simbol  kemerdekaan Indonesia. Monas juga menjadi ikon Jakarta dan diakui sebagai salah satu landmark di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *