TeknoTips dan Trik

Mudah dan Praktis! Cara Membuat Google Form di HP untuk Kebutuhan Anda

29
×

Mudah dan Praktis! Cara Membuat Google Form di HP untuk Kebutuhan Anda

Share this article

Aptoodet.com – Formulir daring telah menjadi alat yang sangat berguna dalam mengumpulkan informasi, mengadakan survei, atau membuat pendaftaran online. Google Form adalah salah satu platform populer yang digunakan untuk membuat formulir daring dengan mudah. Yang menariknya, Anda dapat membuat Google Form di perangkat seluler Anda, seperti ponsel pintar atau tablet. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara bikin google form di HP dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

1.  Buka browser di HP anda untuk mengakses Google Form

Langkah pertama adalah membuka browser di HP anda kemudian klik link : forms.google.com 

2. Pilih Opsi Buat Formulir Baru

Setelah Anda membuka aplikasi Google Form, anda akan melihat tombol “Buat formulir baru”. Pilih opsi ini untuk memulai membuat formulir anda dari awal.

3. Pilih Tipe Pertanyaan

Setelah Anda memilih opsi “Buat formulir baru”, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih tipe pertanyaan yang ingin Anda tambahkan ke formulir Anda. Google Form menawarkan berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, paragraf panjang, atau upload file. Pilih tipe pertanyaan yang sesuai untuk keperluan Anda.

4. Atur Pertanyaan dan Pilihan Jawaban

Setelah Anda memilih tipe pertanyaan, Anda akan diminta untuk mengatur pertanyaan dan pilihan jawaban. Masukkan pertanyaan Anda dan tambahkan pilihan jawaban yang sesuai. Anda juga dapat menambahkan opsi tambahan, seperti mengharuskan jawaban atau membuat jawaban menjadi opsional. Anda dapat menyesuaikan tampilan pertanyaan dan pilihan jawaban sesuai dengan keinginan Anda.

5. Tambahkan Pertanyaan Lainnya (Opsional)

Anda dapat menambahkan pertanyaan lain ke formulir Anda dengan mengklik tombol “Tambahkan pertanyaan” di bagian bawah layar. Anda dapat mengulangi langkah 3 dan 4 untuk menambahkan pertanyaan dan pilihan jawaban sesuai kebutuhan Anda.

6.  Atur Tampilan Formulir Anda

Setelah Anda menyelesaikan semua pertanyaan yang ingin Anda tambahkan, Anda dapat mengatur tampilan formulir Anda. Anda dapat memilih tema yang diinginkan, mengubah warna, atau mengatur gambar latar belakang. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan lainnya, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan moderasi jawaban atau mengatur pengaturan privasi.

7. Bagikan Formulir Anda

Setelah Anda seleseai dengan formulir Anda, selanjutnya anda dapat membagikannya dengan orang lain dan dapat mengirim tautan formulir melalui email, salin tautan dan bagikan melalui pesan teks atau media sosial, juga dapat meletakkan formulir tersebut di situs web atau blog Anda.

8. Pantau dan Analisis Jawaban

Setelah formulir Anda dibagikan, Anda dapat mulai mengumpulkan jawaban dari responden. Google Form akan secara otomatis mengumpulkan jawaban dan menyimpannya dalam spreadsheet yang terhubung dengan formulir Anda. Anda dapat mengakses spreadsheet ini melalui akun Google Anda dan menganalisis jawaban yang telah diterima. Anda dapat menggunakan berbagai alat analisis yang disediakan oleh Google Sheets, seperti filter, grafik, atau pivot table, untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari formulir Anda.

9. Edit atau Hapus Formulir

Jika Anda perlu mengedit atau menghapus formulir Anda setelah dibuat, Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui aplikasi Google Form di HP Anda. Anda dapat mengubah pertanyaan, menambahkan pertanyaan baru, atau mengubah pengaturan tampilan atau privasi formulir. Jika Anda ingin menghapus formulir, Anda dapat menghapusnya langsung dari aplikasi.

10. Gunakan Fitur Lainnya

Selain langkah-langkah dasar di atas, Google Form juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman menggunakan formulir. Beberapa fitur ini termasuk membuat formulir terbatas waktu, membatasi jumlah jawaban yang diterima, atau menambahkan logika bertingkat pada pertanyaan. Anda dapat mengeksplorasi fitur-fitur ini untuk mengoptimalkan penggunaan Google Form sesuai dengan kebutuhan Anda.

Begitu mudahnya membuat Google Form di HP Anda! Dengan aplikasi Google Form yang mudah digunakan dan berbagai fitur yang tersedia, Anda dapat membuat formulir daring sesuai dengan kebutuhan Anda dengan cepat dan praktis. Dari survei sederhana hingga formulir pendaftaran yang kompleks, Google Form dapat menjadi alat yang efisien untuk mengumpulkan informasi dan mengelola data. Jadi, ayo coba buat Google Form di HP Anda dan nikmati kemudahan dalam mengatur formulir daring Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *