Wawasan

Taj Mahal, India: Kisah Cinta yang Abadi

14
×

Taj Mahal, India: Kisah Cinta yang Abadi

Share this article
Source : pixabay.com

Aptoodet.com – Taj Mahal adalah salah satu monumen paling terkenal di dunia dan menjadi simbol cinta sejati. Terletak di kota Agra, India, Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, sebagai bentuk penghormatan kepada istrinya yang tercinta, Mumtaz Mahal, yang meninggal pada tahun 1631.

Konstruksi Taj Mahal dimulai pada tahun 1632 dan selesai pada tahun 1653. Pembangunan tempat ini melibatkan ribuan pekerja dan seniman dari seluruh India dan Asia Tengah. Biaya pembangunan Taj Mahal pada saat itu sekitar 32 juta rupee, yang setara dengan sekitar 1 miliar dolar Amerika saat ini.

Taj Mahal dibangun menggunakan marmer putih yang dipahat dengan indah dan dihiasi dengan berbagai ornamen dan ukiran yang rumit. Bangunan utama terdiri dari empat menara yang berdiri di tiap pojok, dengan kubah besar di tengah. Di dalam bangunan utama, terdapat makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal, yang terletak di pusat dari tempat tersebut.

Taj Mahal juga memiliki taman yang luas dengan air mancur dan kolam, yang merupakan bagian integral dari desain dan simbolisme monumen ini. Di sepanjang taman, terdapat jalan setapak dengan ornamen yang indah yang mengarah ke gerbang masuk.

Namun, kisah di balik pembangunan Taj Mahal lebih dari sekedar konstruksi bangunan megah. Konstruksi ini merupakan bentuk penghormatan dari Shah Jahan kepada istrinya yang sangat dicintainya, Mumtaz Mahal, yang meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka. Setelah kematian Mumtaz Mahal, Shah Jahan sangat terpukul dan memutuskan untuk membangun Taj Mahal sebagai simbol cinta abadi kepada istrinya.

Selama hampir 22 tahun, Shah Jahan menghabiskan waktu, tenaga, dan sumber daya yang tak terhitung jumlahnya untuk membangun Taj Mahal. Di saat yang sama, ia juga terus membangun kekaisarannya dan memperluas pengaruhnya di seluruh India.

Setelah kematiannya, Shah Jahan dimakamkan bersama dengan istrinya di dalam Taj Mahal, sehingga mengakhiri kisah cinta mereka yang abadi.

Taj Mahal kini menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu landmark terkenal di India. Setiap tahunnya, ribuan pengunjung dari seluruh dunia mengunjungi Taj Mahal untuk melihat kemegahan dan keindahan dari salah satu bangunan paling terkenal di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *